Kapan pun kamu melakukan hubungan seks, kemungkinan besar tubuh akan mengalami perpaduan efek emosional dan fisik. Seks dan orgasme bukan hanya terasa melegakan, tetapi juga memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Peneliti dan terapis seks menjelaskan ada banyak perubahan fisiologis positif yang terjadi setiap kali kamy melakukan perbuatan itu. Berikut ini beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh dan otak saat kamu bercinta:

Seks bisa memperpanjang umur

Berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan rentang hidup, menurut Sunny Rodgers, seorang seksolog klinis dan pelatih seks bersertifikat.

"Setiap kali kamu mencapai orgasme, tubuh melepaskan DHEA, hormon yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kognisi, menjaga kesehatan kulit dan membantu kamu terlihat lebih muda," kata Rodgers. 

Seks dapat meningkatkan kesehatan mental

Pernah merasa kekhawatiranmj lenyap saat berhubungan seks? Ternyata seks dapat mengurangi rasa sakit dan kecemasan lho. "Selain itu, seks juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan memberikan efek perasaan sejahtera," kata Rodgers.

"Ini sebagian besar berkat bahan kimia yang dilepaskan di otak saat berhubungan seks. Endorfin adalah neurotransmiter yang terkait dengan perasaan bahagia yang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan melawan depresi," tambah Rodgers.

Baca Juga: Wah, Inilah 3 Posisi Bercinta Favorit Para Wanita! Suami-suami Sudah Tahu Belum?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas