Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang ditandai dengan jumlah kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah. Kolesterol tersebut dapat mengendap pada pembuluh darah dan membuat aliran darah terhambat. 

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, jantung koroner, dan stroke. Nah, agar kamu enggak memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya menjaga kolesterol dalam kisaran yang normal.

Selain itu, ada pula beberapa cara untuk mencegah kolesterol tinggi. Melansir dari berbagai sumber (27/5/2021), berikut adalah beberapa cara ampuh untuk cegah kolesterol tinggi. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Pola makan sehat

Hidup dengan menerapkan pola makan yang sehat sangatlah penting dan baik untuk tubuh. Batasi asupan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging berlemak, gorengan, mi instan, junk food, dan minyak sawit, karena bisa meningkatkan kolesterol.

Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, makanan laut, dan lainnya yang rendah lemak jenuh, lemak trans, garam, dan gula tambahan. 

Olahraga teratur

Untuk mencegah kolesterol tinggi, cobalah rutin berolahraga selama 30-60 menit setiap hari. Kamu bisa melakukan olaharaga bersepeda, lari, menaiki tangga, atau berenang.

Nah, saat berolahraga pastikan tubuhmu enggak kekurangan cairan, ya. Perbanyak minum air putih atau cairan elektrolit yang dapat menghidrasi tubuh.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas