Melahirkan secara normal menjadi keinginan banyak wanita. Namun, setelah melahirkan anak secara normal ternyata menimbulkan beberapa perubahan pada vagina, lho. Apa kamu sudah tahu?

Pada saat seorang wanita melahirkan secara normal, ada sebuah tekanan pada area vagina saat bayi melewati jalan lahir. Itulah sebabnya mengapa vagina terasa nyeri, bengkak, kering, dan perubahan lainnya.

Melansir dari berbagai sumber (27/5/2021), berikut ini merupakan beberapa perubahan pada vagina setelah melahirkan. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya. Yuk, simak baik-baik, ya!

Vagina kering

Setelah melahirkan, kadar hormon estrogen akan menurun dan dapat mengurangi produksi cairan vagina. Hal itulah yang membuat vagina terasa kering setelah proses persalinan.

Untuk mengatasinya, minum banyak air putih, mengoleskan pelembap untuk vagina, menggunakan produk pelumas vagina berbahan dasar air saat berhubungan seksual, dan memperpanjang waktu foreplay sebelum berhubungan seksual. 

Baca Juga: Beauty, Jangan Sampai Kurang Minum Air Putih Ya! Bisa Bikin Miss V Jadi...

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas