Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan dan mencegah tubuh terserang berbagai penyakit, salah satunya diabetes.

Melansir dari berbagai sumber (31/5/2021), sebuah studi menemukan bahwa olahraga dengan intensitas sedang mampu meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 51 persen dan olahraga dengan intensitas tinggi sebesar 85 persen.

Ada beberapa olahraga yang bisa kamu coba untuk menurunkan risiko diabetes serta terbukti mengurangi resistensi insulin dan gula darah. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Aerobik

Lakukanlah olahraga kardio atau aerobik minimal 30 menit setiap hari dalam seminggu. Kalau itu terlalu sulit, kamu bisa mencobanya selama 10 menit, tapi harus tetap berlatih secara bertahap, ya.

Olahraga aerobik yang bisa kamu lakukan, yaitu tenis, zumba, jogging atau lari, jalan santai, bola basket, renang, dan bersepeda. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, ya.

Latihan kekuatan

Setelah kamu sudah rutin melakukan olahraga kardio (aerobik), kamu bisa menambahkan beberapa latihan kekuatan. Latihan kekuatan ini dapat membantu kamu mendapatkan otot yang ramping dan efisien.

Baca Juga: Bahaya Diet Keto Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Lho, Jangan Sembarangan Ya Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas