Ketika mendekati waktu persalinan, para ibu tentu akan mulai kerepotan dalam mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Enggak cuma barang-barang bayi, ibu juga akan mempersiapkan diri untuk melahirkan si kecil ke dunia.

Tak hanya tubuh yang bersiap untuk melahirkan. tetapi pikiran juga harus dipersiapkan dengan matang. Namun, persalinan akan tampak mendebarkan, terutama jika ini adalah bayi pertama. Kekhawatiran tentang rasa sakit dan juga kelelahan, tentu akan membebani ibu.

Tapi, tenang moms! Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu mempersiapkan mental dan fisik untuk persalinan.

Banyak Belajar

Hal terpenting yang dapat dilakukan calon orang tua untuk mempersiapkan persalinan dan melahirkan adalah dengan banyak belajar, bisa dari internet, buku bahkan hingga mengikut kelas tentang kehamilan dan persalinan. Kamu bisa belajar mengenai teknik relaksasi, cara bernapas, berbagai posisi persalinan, dan beberapa tip yang berkaitan dengan perawatan dasar bayi baru lahir. Ketika sudah belajar, kamu pasti akan merasa sedikit lebih tenang.

Beristirahat

Ketika hamil besar, mungkin kamu mengalami sulit tidur karena posisi apa pun sudah terasa tak nyaman. Tetapi, memiliki waktu tidur yang cukup di trimester ketiga akan membantu tubuhmu untuk terus segar. Apalagi ketika melahirkan butuh banyak tenaga. Jadi, jangan sampai kelelahan saat menyambut kelahiran si kecil ya, moms!

Baca Juga: Pendarahan saat Hamil, Apakah Pertanda Bahaya?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas