Anak-anak merupakan pengingat dan peniru yang ulung. Mereka akan menyerap hal-hal yang terjadi di keseharian mereka dan mengingatnya sebagai pengetahuan, sikap, dan bahkan perilaku mereka.

Jadi, Moms, sebagian besar yang dipelajari anak-anak tentang bagaimana berperilaku adalah dari apa yang mereka lihat. Berikut beberapa perilaku negatif orang tua yang dapat ditiru oleh anak:

1. Suka Berteriak dan Mudah Tantrum

Ketika orang tua sering berteriak, maka anak-anak akan menirunya dan mereka akan belajar bahwa tidak apa-apa untuk tantrum. Bahkan tak jarang, mereka juga akan berlatih meneriaki saudara atau bahkan temannya ketika terjadi masalah.

2. Kasar

Jika anak kasar dan egois kepada temannya, dapat dimungkinkan ia melihat perilaku orang tuanya. Ketika orang tua selalu menghukum anak atas kesalahannya, maka mereka akan belajar bahwa orang yang memiliki kekuatan lebih besar diizinkan untuk menekan orang yang lebih kecil.

3. Tidak Sopan

Kata-kata kasar sering dipelajari anak dari orang tuanya dengan mudah. Ketika orang tua sering berkata kasar, anak akan belajar ketidaksopanan dan mengimitasi kata-kata tersebut.

4. Suka Berbohong

Anak mudah berbohong kepada orang tua. Hal ini dapat terjadi ketika orang tua berbohong kepada seseorang di telepon atau kebohongan lainnya. Hal ini dapat membuat anak berlatih bahwa tidak apa-apa untuk mengingkari janji.

5. Suka Melanggar Aturan

Anak sering melanggar aturan karena ia melihat orang tuanya. Anak akan belajar bahwa melanggar aturan adalah hal yang biasa.

Orang tua merupakan guru bagi anak-anak. Anak dapat belajar dengan melihat dan meniru. Oleh karena itu, jangan lupa untuk terus menjaga sikap, ya, Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas