Sayuran memang memiliki banyak manfaat dan juga baik untuk kesehatan. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes. 

Beberapa jenis sayuran yang memiliki indeks glikemik tinggi bisa menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Makanya, penderita diabetes perlu benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Lantas, apa saja sayuran yang pantang dikonsumsi untuk penderita diabetes?

Melansir dari berbagai sumber (7/6/2021), inilah berbagai jenis sayuran yang sebaiknya enggak dikonsumsi penderita diabetes jika ada alternatif lain. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Sayuran mengandung pati

Untuk penderita diabetes tipe 2, enggak dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung pati. Karbohidrat pada sayuran yang mengandung pati akan dipecah menjadi glukosa dan diserap ke dalam darah.

Sayuran yang mengandung pati juga memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. 

Jenis sayuran yang mengandung pati, antara lain bit, jagung, kacang-kacangan, labu, ubi jalar, talas, kentang, yam (ubi rambat), dan lainnya.

Baca Juga: Bahaya Diet Keto Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Lho, Jangan Sembarangan Ya Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas