Memiliki berat badan yang ideal jadi idaman para wanita. Enggak heran deh jika beragam cara dilakukan untuk membuat tampilan tubuh menjadi lebih singset.

Salah satu jenis diet yang populer dan banyak diperbincangkan adalah diet golongan darah. Ya, diet golongan darah ini telah populer selama hampir dua dekade lho.

Prosesdur yang harus dilakukan selama menjalani diet golongan darah ini adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dipercaya cocok dengan golongan darahmu dan baik dikonsumsi untuk kesehatan.

Diet golongan darah dipopulerkan oleh seorang dokter naturopati bernama Dr. Peter D'Adamo pada tahun 1996. Dalam buku yang ditulisnya Eat Right 4 Your Type, diklaim bahwa diet golongan darah sangat optimal untuk setiap individu tergantung pada golongan darah A,B, atau O. Diklaim pula bahwa setiap golongan darah mewakili sifat genetik, termasuk asupan makanan.

  • Tipe A: Disebut agraris. Orang yang memiliki golongan darah A harus mengonsumsi makanan yang kaya tumbuhan, dan benar-benar bebas dari daging merah, sangat mirip dengan diet vegetarian.
  • Tipe B: Disebut pengembara. Orang-orang ini bisa makan tumbuhan dan sebagian besar daging (kecuali ayam dan babi), dan juga bisa makan susu. Namun, mereka harus menghindari gandum, jagung, lentil, tomat dan beberapa makanan lainnya.
  • Tipe AB: Disebut teka-teki. Digambarkan sebagai campuran antara tipe A dan B. Makanan yang bisa dimakan meliputi makanan laut, tahu, susu, kacang-kacangan dan biji-bijian. Mereka harus menghindari kacang merah, jagung, daging sapi dan ayam.
  • Tipe O: Disebut pemburu. Ini adalah diet protein tinggi yang sebagian besar didasarkan pada daging, ikan, unggas, buah-buahan dan sayuran tertentu, tetapi terbatas pada biji-bijian, kacang-kacangan dan susu. Ini sangat mirip dengan diet paleo.

Baca Juga: 5 Mama Muda Ini Berhasil Diet Turunkan Berat Badan dan Jadi Body Goals Usai Melahirkan

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas