Peran orangtua selalu menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Meskipun tidak seperti anak pada umumnya, anak berkebutuhan khusus juga bisa beprestasi dan layak untuk bahagia dan nyaman akan keberadaannya. 

Melansir dari laman Kompas.com, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyampaikan bahwa kendala utama dalam menangani anak berkebutuhan khusus karena rasa malu yang dirasakan orangtua. 

Memang menjadi orangtua dari yang berkebutuhan khusus penuh tantangan. Akan selalu ada kekhawatiran mengenai perkembangan sang anak khususnya di lingkungan sosial. 

Namun bila dengan penanganan yang tepat dan perhatian kasih sayang yang tulus, anak berkebutuhan khusus juga bisa berprestasi dan meraih kesuksesan. 

Sudah banyak anak berkebutuhan khusus yang unjuk diri dan bisa memberikan inspirasi juga motivasi bagi saudara sesama penyintasnya. 

Mertin dan Nendi Tawila mengatakan melalui penelitiannya yang berjudul, Analisis Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Anak bahwa melalui perhatian yang baik dan menjadi orangtua yang efektif bagi anak-anak, prestasi siswa dapat berkembang secara optimal yang berguna untuk menyumbangkan sesuatu bagi masyarakat dan bangsa. 

Baca Juga: Ajarkan 4 Cara Ini pada Anak Ya Moms, Efektif untuk Tumbuhkan Rasa Percaya Dirinya Lho!

Salah satu tokoh berkebutuhan khusus yang sukses ialah Satoshi Tajiri seorang Designer Video yang menciptakan Pokemon.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas