Menu

Rachel Vennya Putuskan untuk Menolak Penghargaan dari MURI, Apa Sih Alasannya?

21 April 2020 15:30 WIB
Rachel Vennya Putuskan untuk Menolak Penghargaan dari MURI, Apa Sih Alasannya?

Pengusaha sekaligus Influencer, Rachel Vennya. (HerStory/Nada Saffana)

HerStory, Jakarta —

Di tengah pandemi virus corona kini banyak publik figur yang menggalang dana guna bantu mengatasi krisis yang sedang terjadi. Penggalangan dana ditujukkan baik dalam bidang medis maupun bidang sosial. Salah satu orang yang ikut andil dalam penggalangan dana COVID-19 ini adalah Rachel Vennya.

Influencer serta pengusaha ini jadi salah satu pelopor yang mengajak masyarakat untuk berdonasi. Hal yang membuat kagum adalah ia bisa mengumpulkan donasi sebesar Rp2 miliar dalam sehari. Donasi tersebut ia tujukan untuk membeli Alat Pelindungan Diri (APD) bagi tim medis yang disebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Buat Donasi Lawan COVID-19, Rachel Vennya Berhasil Kumpulkan Sumbangan Lebih dari Rp1 Miliar Kurang dari 24 Jam!

Donasi yang ia kumpulkan sejak awal pandemi corona terjadi di Indonesia hingga kini sudah mencapai kurang lebih Rp9 miliar. Dengan besarnya nomonal tersebut, Rachel mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Namun, melalui akun instagram pribadinya ibu dua anak ini menolak penghargaan tersebut.

"Saya berterima kasih kepada MURI untuk niatan mengapresisasi apa yang saya lakukan dengan menggalang dana, saya merasa sangat terharu, tetapi setelah saya renungkan, saya rasa untuk saat ini perhatian kita harusnya ditujukan kepada orang-orang yang terkena dampak covid dan membutuhkan. Sehingga dengan segala hormat, saya meminta maaf bahwa saya memutuskan untuk menolak adanya penghargaan ini dari MURI kepada saya pribadi," tulisnya dalam sebuah foto.

Rachel merasa penghargaan tersebut tak pantas untuk ia terima. Bukan tanpa alasan, menurutnya masih banyak pihak yang lebih berjasa dalam mengatasi pandemi ini.

Baca Juga: Sempat Dicibir Warganet, Terkuak! Rachel Vennya Sumbang 775 Juta untuk Cegah Penularan Virus Corona

"Bukan cuma yang donasi, yang menerima bantuan juga layak banget kita apresiasi. Banyak penerima bantuan galang dana ini adalah petugas kesehatan. Di antara mereka banyak ibu-ibu kayak kita, gak bisa ketemu anaknya demi menolong orang lain. Pengorbanan mereka besar banget. Ada juga petugas pemakaman yang tiap hari menyiapkan pemakaman buat pasien Covid-19 dengan pellindung seadanya. Atau pedagang keliing yang tetep kerja di masa sekarang. Mereka ngelakuin itu demi keluarganya. Demi anak-anaknya. Kita sebenernya gak sedang membantu mereka, tapi kita lagi belajar dari perjuangan mereka," tambahnya dalam keterangan foto.

Lihat postingan ini di Instagram

Saya tdk pernah mendaftarkan diri ke MURI, ttp niat baik MURI sangat saya hargai,Terima kasih buat 135107 #OrangBaik yang sudah berdonasi :) Bukan cuma yang donasi, yang menerima bantuan juga layak banget kita apresiasi. Banyak penerima bantuan galang dana ini adalah petugas kesehatan. Di antara mereka banyak ibu-ibu kayak kita, gak bisa ketemu anaknya demi menolong orang lain. Pengorbanan mereka besar banget. Ada juga petugas pemakaman yang tiap hari menyiapkan pemakaman buat pasien Covid-19 dengan pellindung seadanya. Atau pedagang keliing yang tetep kerja di masa sekarang. Mereka ngelakuin itu demi keluarganya. Demi anak-anaknya. Kita sebenernya gak sedang membantu mereka, tapi kita lagi belajar dari perjuangan mereka. Kalian masih bisa berdonasi di kitabisa.com/bersamacegahcovid19 ?? Terima kasih banyak

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) pada 18 Apr 2020 jam 5:16 PDT

Baca Juga: Lucuti Semua Pakaian, Foto Telanjang Rachel Vennya di Jepang Curi Atensi: Makin ke Sini, Makin...

Baca Juga: Tetap Urus Anak Mesti Party Sampai Pagi, Rachel Vennya Malah Banjir Kritikan Usai Curhat Soal Kehidupan Malamnya: Edan Apa Gimana?!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana