Asam urat jadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat di Tanah Air. Meskipun terkesan remeh, asam urat bisa saja sangat mengganggu kesehatan lho.

Asam urat adalah produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam kadar tinggi dalam beberapa makanan seperti beberapa jenis daging dan ikan sarden.

Purin juga terbentuk dan dipecah dalam tubuh. Biasanya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak purin, asam urat dapat menumpuk di dalam darah.

Kadar asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut asam urat yang menyebabkan nyeri sendi yang menumpuk kristal urat. Itu juga bisa membuat darah dan urin terlalu asam.

Tentunya kamu dapat mecegah asam urat dengan cara alami dan sederhana. Misalnya dengan menghindari atau kurangi asupan makanan seperti:

Gula

Sementara asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan kaya protein, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial asam urat lho. 

Gula fruktosa adalah jenis utama gula sederhana dalam makanan olahan. Para peneliti telah menemukan bahwa jenis gula ini khususnya dapat menyebabkan kadar asam urat yang tinggi.

Minuman manis, soda, dan bahkan jus buah segar yang ditambahkan gula juga bisa jadi penyebab asam urat. Ganti minuman manis dengan air putih atau bisa juga mengonsumsi smoothie kaya serat.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Merapat! Catat 5 Makanan yang Pantang Dikonsumsi, Jangan Bandel Ya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas