Ada beberapa orang yang selalu terbangun saat jam 3 pagi atau dini hari, padahal sedang tidur terlelap. Sebagian orang juga ada yang terbangun, tapi enggak menyadarinya.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena siklus tidur yang singkat. Bisa saja, sering terbangun di jam 3 pagi terjadi karena siklus tidur seseorang yang memang lebih singkat.

Melansir dari berbagai sumber (14/7/2021), berikut ini beberapa faktor lain yang bisa membuat seseorang selalu bangun jam 3 pagi. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Stres

Stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengapa seseorang selalu terbangun di jam 3 pagi. Hal tersebut dikarenakan tubuh akan mengaktifkan gejala saraf simpatik yang membuat seseorang terbangun tengah malam atau dini hari.

Ada banyak penyebab seseorang stres, seperti masalah pekerjaan, sekolah, kesehatan, hubungan percintaan, rumah tangga, atau kondisi finansial. Mulai sekarang, kamu harus bisa mengatasi masalah dengan cara yang tepat supaya stres bisa berkurang.

Baca Juga: Anak Tidur Mendengkur? Duh, Bahaya Enggak ya, Moms?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas