Kopi sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup setiap orang. Dengan mengonsumsi kopi diyakini dapat menambahkan stamina untuk beraktivitas karena adanya kandungan kafein yang membuat konsentrasi meningkat dan mengurangi rasa ngantuk. 

Meskipun tak ada larangan yang pasti bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi kopi, bagi Moms yang memang enggak bisa lepas dari kopi ada baiknya lebih memerhatikan takaran kopi yang sesuai bagi ibu hamil.

Takaran kopi yang dianjurkan bagi ibu hamil tidak lebih dari 200 miligram atau 2 cangkir kopi perhari. Umumnya, 1 cangkir dari kopi kemasan sendiri mengandung 100 miligram kafein. Kalau Moms ingin mendapatkan kafein selain kopi, Moms bisa memilih teh sebagai alternatif lain. 

Namun bagi ibu hamil sebaiknya mengurangi bahkan menghindari mengonsumsi kopi karena memiliki risiko yang tak baik bagi kesehatan ibu dan janin. 

Melansir dari laman klikdokter.com (16/7/2021), berikut ini 6 risiko yang harus Moms perhatikan jika ingin mengonsumsi kopi. 

1. Masalah Lambung

Baca Juga: 7 Cara untuk Memancing Kontraksi Alami, Salah Satunya dengan Hubungan Intim?

Kafein yang terkandung dalam kopi ini ternyata bisa menaikkan asam lambung dan gerak usus nih Moms. Bukan cuma itu, Moms yang dalam masa kehamilan ini sering mengalami mual hingga muntah dapat meningkat karena mengonsumsi kopi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas