Indonesia berada di peringkat ke-7 di dunia sebagai negara dengan beban pneumonia tertinggi menurut dara World Health Organization (WHO) pada 2017.

Di Indonesia, terdapat 25.481 kematian balita karena infeksi pernapasan akut atau 17i seluruh penyebab kematian balita di Indonesia.

Pneumonia menempati peringkat kedua penyebab kematian balita di Indonesia, setelah persalinan preterm (premature) dengan prevalensi 15.5%.

Pneumonia merupakan penyakit peradangan akut paru-paru yang membuat paru-paru dipenuhi dengan cairan dan sel radang ini harus ditangani dengan serius, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini.

Enggak hanya anak-anak, penyakit pneumonia juga kerap kali diderita oleh lansia dan sering terlambat disadari karena gejala awalnya yang sulit dibedakan dengan penyakit pernapasan lain.

Akibatnya, banyak anak-anak yang mengidap pneumonia enggak mendapatkan perawatan yang seharusnya dan berdampak fatal pada kesehatan mereka.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas