Seperti yang kita ketahui, di dunia ini terdapat empat jenis golongan darah. Diantaranya golongan darah A, B, AB, dan O. Dipercayai golongan darah juga bisa menggambarkan kesehatan, kepribadian, sampai risiko penyakit yang akan ditemui. 

Dari keempat golongan tersebut, golongan darah O dianggap sebagai golongan darah yang spesial karena ia berbaik hati bisa mendonorkan darahnya ke golongan darah mana pun. 

Bagi Beauty yang bergolongan darah O, ada baiknya menyimak 6 fakta medis terkait golongan darah O melansir dari berbagai sumber (19/7/2021). Berikut di antaranya. 

1. Pendonor Universal tapi Hanya Bisa Menerima dari Sesama

Sudah menjadi rahasia umum kalau golongan darah O bisa didonorkan ke golongan darah mana pun. Namun, ternyata masih ada kekeliruan perihal hal ini. Mengingat golongan darah juga memiliki rhesus, golongan darah O rhesus negatif (O-) sebenarnya hanya bisa mendonorkan darahnya pada golongan yang memiliki rhesus yang sama. 

Hal ini karena O- memiliki antibodi yang dapat memicu penolakan pada tubuh penerima donor. Meskipun begitu jika dalam kondisi darurat, golongan darah O- diperbolehkan untuk menjalankan tranfusi, khususnya bagi bayi yang kekurangan kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Miliki Sifat Sederhana, Ini Sifat Istimewa Lainnya yang Dimiliki Wanita Bergolongan Darah O

Tak cukup sampai disitu, faktanya golongan darah O hanya bisa menerima dari golongan yang sama. Tapi ada pengecualian bagi O- yang hanya bisa mendapat transfusi sesama rhesus negatif.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas