Meskipun GTM (gerakan tutup mulut) pada anak merupakan hal yang normal sebab mereka ingin lebih mengeksplor banyak makanan, jika dibiarkan tentu saja membuat Moms khawatir berlanjut hingga jangka panjang. Jika dibiarkan tentunya akan mengganggu kesehatan yang berkaitan dengan tumbuh-kembang anak. 

Gerakan tutup mulut atau mogok makan ini bisa dipicu oleh beberapa faktor diantaranya, sakit dibagian mulut, bosan dengan cita rasa makanan, atau bahkan trauma karena ketika makan ia kena omel atau ada sesuatu hal pada makanannya. 

Jika si kecil masih kuat dengan GTM-nya, yang paling utama untuk menghadapinya adalah sabar. Moms jangan sampai terbawa emosi melihat si kecil tak mau makan. Coba pahami apa yang sedang ia rasakan dan ia inginkan. 

Moms juga bisa mencoba 5 cara untuk mengatasi si kecil yang sedang GTM melansir dari berbagai sumber (22/7/2021), yuk simak! 

1. Biarkan Si Kecil Merasa Lapar 

Kalau si kecil enggak mau makan, biarkan saja dulu ya, Moms. Akan ada saatnya ia merasa lapar dan ingin makan. Setiap 10-15 menit sekali Moms bisa menawarkan makan lagi tanpa memaksa. Ini bisa menjadi latihan agar si kecil bisa mengenali dan mengontrol rasa lapar juga kenyang. 

Hindari pemberian susu atau cemilan saat si kecil mau makan ya, Moms. Usahakan si kecil melakukan aktifitas fisik agar si kecil dapat merasa lapar tepat pada waktunya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas