Beauty, siapapun pasti menginginkan kulit yang sehat, bersih dari noda dan jerawat. Tak cuma menampilkan wajah yang sehat, kulit yang bebas dari jerawat juga memberikan pesan kalau pemiliknya peduli dan merawat wajah dengan baik. 

Timbulnya jerawat disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak berlebih. Pori-pori yang tersumbat inilah cikal bakal timbulnya jerawat. Jika dibiarkan atau salah penanganan, jerawat bisa menjadi parah. 

Namun, ada sebagian orang yang meyakini kalau makanan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab dan memengaruhi timbulnya jerawat. 

Umumnya hal ini terjadi pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Dimana tubuh memproduksi hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1) yang meningkatkan produksi minyak dan memperburuk kondisi jerawat. 

Makanya, makanan tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memengaruhi jerawat yang ada karena adanya IGF-1. 

Makanan dibawah ini sebaiknya kamu hindari agar jerawat enggak reuni, apa saja ya? Berikut diantaranya melansir dari berbagai sumber (28/7/2021).

1. Olahan Susu

Dibandingkan dengan susu murni, makanan atau minuman olahan susu 5 justru bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Ini dikarenakan produk olahan susu mengandung lebih banyak gula yang bisa mendorong meningkatkan hormon insulin dan IGF-1. Terlebih bila mengonsumsinya bersamaan dengan makanan manis lain yang bisa memicu reaksi peningkatan sebum. 

2. Makanan Mengandung Gluten

Makanan yang mengandung gluten diantaranya gandum, sereal, pasta, roti, dan tepung terigu tak cuma berisiko membuat pencernaan menjadi tak lancar dan meningkatkan kadar gula darah aja nih, Beauty. Tapi, bisa juga menyebabkan timbulnya jerawat. Mengonsumsi makanan yang mengandung gluten secara berlebihan dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan pori-pori tersumbat sebagai biang dari timbulnya jerawat. 

3. Junkfood 

Baca Juga: Acne Fighter Jangan Sembarangan Makan! 4 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Jerawat Semakin Meradang

Makanan cepat saji memang sangatlah menggiurkan karena rasanya yang kuat. Tapi, makanan cepat saji ini lebih tinggi kandungan gula, garam, dan olahan susu. Penelitian yang dilakukan oleh Journal of the European Academy of Dermatology mengungkapkan, seseorang yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji memiliki risiko 24% lebih tinggi terkena jerawat.