Moms, wajar jika kita kerap merasa emosi melihat tingkah anak yang diluar batas seperti melakukan hal yang tak semestinya. Hal ini tentunya Moms lakukan demi anak agar menjadi disiplin dan mandiri. 

Contohnya, ketika anak terlalu lama menikmati waktu bermain sampai lupa dan malas untuk mandi serta makan. Tentunya ini membuat kepala Moms cukup mendidih. Terlebih jika anak melakukannya berulang kali. 

Tapi, tetap saja Moms harus bisa lebih mengontrol emosi demi kebaikan bersama. Mengingat anak yang masih membutuhkan lebih banyak bimbingan menjalankan kehidupan ini. Salah langkah, bisa berakibat fatal bahkan berjangka panjang. Salah satunya meninggalkan bekas trauma bagi anak. 

Nah, agar hal tersebut enggak terjadi namun Moms tetap bisa memberikan peringatan bagi anak, 5 cara ini bisa Moms lakukan agar si kecil tak tersinggung. Berikut diantaranya melansir dari berbagai sumber. 

1. Menentukan Batasan

Kerap kali masalah kecil bisa melebar kemana-mana karena emosi yang sudah menguasai diri. Terkadang masalah yang ditimbulkan anak masih terlihat sepele. Jadi, Moms harus bisa menentukan batasan menegur anak dengan cara yang tegas atau masih bisa dibicarakan baik-baik. 

Pastikan Moms menegur anak karena melakukan kesalahan penting misalnya berbuat tak baik pada temannya. Bukan masalah kecil seperti lupa menaruh sendal pada tempatnya, tapi Moms sudah naik pitam.

2. Perhatikan Nada dan Pemilihan Kata

Menggunakan nada tinggi dan pemilihan kata yang tak menyesuaikan usia anak dengan dewasa tentunya malah akan membuat suasana menjadi semakin runyam. Emosi Moms bisa semakin meletup-letup dan anak bukannya menurut malah ketakutan.

Baca Juga: 6 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Bisa Menghargai Perempuan, Dicatat Ya!

Sebaiknya Moms tetap tenang dan memberitahukan anak menggunakan nada yang tak tinggi dan menggunakan kata yang tepat sesuai usia anak agar ia dapat lebih memahami.