Biasanya, diabetes dapat terdeteksi melalui bantuan peralatan medis saja. Tapi Beauty, tahu enggak sih kalau jenis penyakit ini juga bisa dilihat dari kondisi tubuh lho. Hal ini lantaran diabetes dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh, termasuk kulit.

Seperti disebut dalam jurnal American Academy of Dermatology,  kondisi pada kulit menjadi tanda kalau kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi. Ini juga bisa menjadi tanda kalau kamu tengah mengidap diabetes yang enggak terdiagnosia atau pra-diabetes.

Tanda pada kulit yang ditunjukkan oleh diabetes ini biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Sejumlah masalah kulit bisa merupakan tanda langsung diabetes atau reaksi alergi terhadap insulin atau pengobatan diabetes.

Lantas, apa saja perubahan atau masalah pada kulit yang bisa menjadi pertanda tengah mengidap diabetes? Disadur dalam laman The Health Site, berikut lima di antaranya.

Kulit Melepuh Akibat Diabetes

Kondisi kulit ini terkadang muncul pada mereka yang mengalami diabetes. Kondisi kulit melepuh ini bisa terjadi pada jari, lengan, kaki, serta bahkan pada kaki. Hal ini berupa kondisi melepuh dan sering muncul pada mereka yang mengalami neuropati diabetik.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Mengapa Alpukat Baik Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes!