Menu

Hati-hati, Positif Covid-19 dengan Komorbid Diabetes Lebih Berbahaya! Begini Cara Isoman yang Benar Kata Dokter…

Tasha Rainita
05 Agustus 2021 18:45 WIB
Hati-hati, Positif Covid-19 dengan Komorbid Diabetes Lebih Berbahaya! Begini Cara Isoman yang Benar Kata Dokter…

Ilustrasi wanita sedang sakit. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Setiap hari kasus pasien terpapar Covid-19 terus bertambah. Pasien dengan gejala berat bisa mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala disarankan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah dengan selalu mengecek dan memerhatikan kondisi kesehatan.

Ada beberapa makanan bergizi yang harus dikonsumsi oleh pasien isoman agar kondisinya semakin membaik. Hal tersebut dipaparkan oleh Spesialis Penyakit Dalam dr. Lucrezia Renata, Sp. PD.

Menurutnya, pasien isoman harus mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran, karbohidrat, daging, dan juga ikan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Selain air putih, susu juga bisa dikonsumsi oleh pasien isoman.

“Hindari minuman beralkohol dan makanan, seperti gorengan atau makanan berlemak,” kata dr. Lucrezia saat diwawancarai HerStory.co.id.

Dokter Lucrezia juga menjelaskan tentang pasien isoman Covid-19 yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid diabetes. Pasien dengan komorbid diabetes juga harus konsumsi makanan yang bergizi, sehingga penyembuhannya optimal.