Menu

Pasien COVID-19, Hindari 5 Makanan Ini Ya! Kalau Enggak...

Shilvia Restu Dwicahyani
05 Agustus 2021 14:35 WIB
Pasien COVID-19, Hindari 5 Makanan Ini Ya! Kalau Enggak...

Ilustrasi pasien COVID-19. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Proses penyembuhan yang baik, tentunya datang dari asupan gizi yang baik dan sesuai. COVID-19 sejatinya tak menyerang pernafasan saja, melainkan bisa sampai ke seluruh tubuh. Apalagi bagi pasien yang sebelumnya sudah memiliki penyakit bawaan. 

Nutrisi yang masuk semakin harus diperhatikan demi kesembuhan pasien. Tak sembarang makanan dan minuman dapat masuk begitu saja di masa pemulihan apapun sakit yang sedang diderita. 

Setiap pasien tentunya berbeda-beda, tak semua pasien akan cocok dengan makanan A. Tentunya ada dari mereka yang tak cocok berdasarkan riwayat penyakit yang ada. 

Misal, pasien COVID-19 yang memiliki riwayat penyakit lambung sejatinya tak dapat mengonsumsi jeruk secara banyak demi mendapatkan vitamin C yang berfungsi untuk meredakan mual. Hal tersebut justru malah dapat memperburuk kondisinya. 

Sekali pun pasien tanpa gejala, tetap penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman sesuai dengan riwayat penyakit yang ada. 

Berikut 5 makanan yang sebaiknya dihindari oleh pasien COVID-19, melansir dari laman klikdokter.com (5/8/2021).

1. Minuman Berkafein

Kafein sepertinya sudah sangat melekat bagi kita semua, entah itu dari penikmat teh atau pun kopi. Kafein dipercaya dapat meningkatkan stamina dan menahan rasa ngantuk. Namun, bagi pasien COVID-19 sebaiknya menghindari minum kopi atau teh karena dapat membuat pasien malah terjaga dan tak istirahat. 

Sejatinya, orang yang sedang sakit membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak agar proses penyembuhan dapat berlangsung dengan baik. Tak cuma susah tidur, mengonsumsi kafein juga dapat menimbulkan rasa cemas.

Halaman: