Beauty yang sudah menjadi Bunda, sedih enggak sih kalau ngeliat si Kecil punya ketombe di rambutnya? Pasti kamu bingung kan dari mana ketombe itu berasal? Yang sudah dewasa aja merasa risih karena gatalnya ketombe, gimana dia yang masih kecil?

Beauty, penyebab datangnya ketombe emang sulit diketahui. Tapi biasanya ketombe berasal karena faktor genetika, iritasi, perubahan cuaca, hingga produksi sebum yang berlebih pada kulit kepala.

Melansir dari MomJunction, penyebab utama ketombe pada bayi termasuk produksi sebum yang berlebih dari jamur yang disebut Malassezia. Yang mana karena jamur tersebut dapat menyebabkan sel-sel kulit di kepala cepat luruh. Saat inilah, kamu akan melihat ketombe pada kulit kepala si Kecil.

Gimana sih biar ketombenya hilang? Kalau Beauty sudah memastikan serpihan putih itu memang ketombe, coba lakukan cara ini untuk menghilangkannya:

Sikat rambut si Kecil

Kamu bisa menyikat rambut kering si Kecil untuk menghilangkan serpihan ketombe yang cukup besar sebelum mencuci rambut si kecil.

Menggunakan minyak rambut

Memberikan minyak mineral pada rambut si Kecil dapat membantu menghilangkan ketombe. Tapi sebelumnya kamu perlu mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke ahlinya untuk menghindari iritasi pada kulit kepala si Kecil. 

Untuk menggunakan minyak, pijat lembut kulit kepala si Kecil sebelum keramas. Biarkan minyak meresap dan tunggu beberapa lama. Saat keramas, pastikan semua minyak di rambutnya hilang agar tidak membuat rambutnya tambah rusak.

Gunakan sampo bayi

Amannya, menggunakan sampo bayi biasa untuk mencuci rambutnya setiap hari. Ketombe ringan dapat mudah hilang dengan melakukan cara ini. Tapi, kalau si kecil mengalami ketombe yang sedikit parah, gunakan sampo ketombe obat yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Gunakan satu atau dua kali dalam seminggu, tergantung tingkat keparahan ketombe dan resep dari dokter. 

Pijat kulit kepala bayi

Saat mencuci rambut si Kecil, gunakan jari-jari dengan lembut untuk memijat kulit kepalanya. Setelahnya bilas dengan air hingga bersih dan jangan menggunakan kondisioner apa pun ya.

Menjaga pH normal kulit kepala si Kecil

Kalau si Kecil rentan terhadap ketombe, kamu harus menjaga pH normal kulit kepalanya dan kulit kepala bebas minyak sebagian besar mengatasi masalah tersebut.

Lotion kulit kepala

Saat kamu mengkonsultasikannya ke dokter, ada kemungkinan dokter akan meresepkan lotion kulit kepala atau krim untuk si Kecil. Kandungan hidrokoriston pada lotion dapat membantu meredakan peradangan, kemarahan, dan juga gatal. Tetapi harus tetap saran dari dokter ya!

Baca Juga: 4 Tips Jitu Mengatasi Depresi Postpartum Usai Melahirkan, Ibu Bekerja Harus Tahu Nih!

Nah, Beauty itu tadi cara mengatasi ketombe pada kulit kepala si Kecil. Ketombe bisa saja muncul sewaktu-waktu setelah berhasil dihilangkan. Yang perlu kamu lakukan ialah untuk selalu merawat rambut si Kecil dengan memperbaiki rutinitas keramas yang teratur atau menggunakan sampo sesuai saran dari dokter. Semoga bermanfaat!