Bukan tak mungkin jika mertua tak mencampuri urusan rumah tangga anaknya. Dan tentunya hal tersebut menimbulkan rasa tak nyaman bahkan bisa semakin memperkeruh suasana. 

Kembali lagi bahwasannya setiap orang tua tentunya menginginkan yang terbaik bagi anaknya, meski anaknya sudah membina rumah tangga.

Akibatnya tak cuma setelah mendengar adanya masalah, orang tua yang cukup overprotective pada anaknya akan selalu mencampuri urusan rumah tangga anak mereka. Karena mereka merasa paling tahu dan memahami anak mereka. 

Hal ini tentunya menjadi tantangan besar bagi Moms, ya? Nah, agar Moms dapat menghadapi sikap mertua yang ikut campur urusan rumah tangga tanpa perlu meninggikan suara, 7 tips ini setidaknya dapat Moms coba. 

Berikut diantaranya melansir dari beberapa sumber (20/8/2021).

1. Berusaha Tetap Tenang

Langkah yang pertama dan paling utama adalah berusaha mengendalikan emosi untuk tetap bisa tenang. Tak ada salahnya momen ini dapat Moms jadikan sebagai cara untuk merefleksikan diri. 

2. Mencoba Pahami Keinginan Mertua

Tak ada salahnya untuk memahami keinginan mertua, mengingat mertua setidaknya mengenali karakter dari anaknya seperti apa. Sebaiknya pikirkan matang-matang apa yang diinginkan mertua karena bisa jadi hal tersebut merupakan pilihan terbaik selagi tak merugikan jika dilakukan. 

3. Tetap Menjaga Perasaaan Pasangan

Baca Juga: Beauty, Begini Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

Bagaimana pun mertua bersikap, ia tetaplah orang tua dari pasangan. Jadi, jika ingin mengeluhkan sikapnya, tetap gunakan bahasa yang halus agar tak menyinggu perasaan pasangan. Jangan sampai mertua menjadi pemicu pertengkaran diantara kalian.