Menu

Ini Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kakimu, Coba Periksa Ya!

Nada Saffana
02 September 2021 16:00 WIB
Ini Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kakimu, Coba Periksa Ya!

Ilustrasi kaki. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak kolesterol, zat lemak yang beredar dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung karena bisa menyumbat arteri.

Kondisi ini sering tak terdeteksi sehingga satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki kolesterol tinggi adalah dengan melakukan tes darah. Namun, ternyata kolesterol tinggi juga bisa dilihat melalui kakimu lho.

Kadang-kadang, kadar kolesterol tinggi dapat menimbulkan xanthoma. Ini merupakan suatu kondisi di mana pertumbuhan lemak berkembang di bawah kulit.

Menurut health body Vascular Health Clinics, lesi ini dapat muncul di tendon jari kaki. Xanthoma paling sering tumbuh di tendon Achilles, urat yang menghubungkan otot betis ke tumit.

Bagaimana cara mengenalinya?

Menurut Rumah Sakit Winchester, benjolan lemak ini berukuran sangat kecil hingga tiga inci. Selain kolesterol tinggi, xanthomas dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

- Diabetes

- Sirosis bilier primer

- Kanker tertentu

- Hipotiroidisme.

Bagaimana mendiagnosis kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi biasanya tak menimbulkan gejala. Menurut NHS kolesterol tinggi mungkin disebabkan karena usia, berat badan atau kondisi lain, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes.