Menu

4 Gejala yang Dirasakan Tubuh Jika Kolesterolmu Tinggi, Salah Satunya Sering Kesemutan!

Nada Saffana
03 September 2021 15:15 WIB
4 Gejala yang Dirasakan Tubuh Jika Kolesterolmu Tinggi, Salah Satunya Sering Kesemutan!

Ilustrasi wanita yang sedang memegang kaki. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sangat penting bagi setiap orang untuk memantau kadar kolesterol secara teratur. Hal ini berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan penyumbatan di pembuluh darah.

Pasalnya kadar kolesterol tinggi biasanya tak menimbulkan gejala apa pun. Sementara dalam banyak kasus, ketika kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit yang mengancam nyawa.

Tetapi, ada gejala fisik tertentu yang menunjukkan bahwa kadar kolesterol di tubuhmu sedang tinggi. Selain menunjukkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, 4 gejala ini juga memperingatkan kita untuk mengikuti panduan untuk mengontrol kolesterol, berikut penjelasannya:

Sakit di Tangan dan Kaki

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa kadar kolesterolmu tinggi adalah jika mengalami rasa sakit di bagian tangan dan kaki. Hal ini disebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol.

“Penumpukan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa sakit.” kata Medicover Hospitals dikutip dari Express (3/9/2021).