Kamu memiliki makanan sisa dan berencana untuk memanaskan dan menikmati lagi.

Ya, kamu memang bisa mengkonsumsinya tetapi nilai gizi makanan itu sudah enggak sama lagi. Banyak makanan kehilangan sebagian nutrisinya saat dimasak pertama kali. Pemanasan ulang hanya semakin mengurangi kandungan nutrisinya, bahkan berpotensi menumbuhkan bakteri.

"Semakin kamu memanaskan dan mendinginkan makanan, semakin besar peluang untuk pertumbuhan bakteri dan hilangnya nutrisi, rasa dan tekstur," kata ahli gizi bersertifikat Serena Poon, dikutip Akurat.co pada Jumat (10/9/2021).

Menurut Abigail Phillips, ahli diet terdaftar di Children's Hospital & Medical Center di Omaha, Nebraska, umumnya, perubahan nutrisi terbesar adalah vitamin.

“Vitamin C dan vitamin B sangat sensitif terhadap panas, jadi memanaskan kembali setelah dimasak sekali dapat meningkatkan kehilangan," ujar Phillips.

Berikut empat makanan yang kekurangan banyak nutrisinya bila dipanaskan untuk kedua kali, bahkan menjadi racun.

Baca Juga: Bahaya! Sederet Makanan Ini Bisa Beracun Bagi Tubuh Jika Dipanaskan Lagi, Apa Saja Ya?

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.