Pasca melahirkan, Moms yang pasti ingin cepat-cepat berolahraga untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula sebelum mempunyai anak dengan melakukan olahraga zumba.

Menurut Mantan Artis Cilik sekaligus Influencer Olahraga, Cantika Felder mengatakan bahwa ibu pasca hamil enggak bisa langsung melakukan olahraga, harus menunggu beberapa waktu.

"Buat ibu pasca melahirkan, ada bekas jahitan pada jalan lahir dan kering sekitar 40 hari sampai tiga bulan tapi harus konsultasikan dulu kapan ibu bisa melakukan olahraga kembali. Biasanya 3 sampai 5 bulan sudah bisa, tapi tunggu 'lampu hijau' dulu dari dokter," ujar Cantika di Workshop Zumba Class bersama Tokopedia, pada Kamis (9/9).

Buat Bunda yang vakum beberapa lama dari aktifitas olahraga karena proses kehamilan, lalu mau mencoba olahraga zumba yang menyenangkan ini.

Berikut 5 tips bagi Bunda yang ingin memulai zumba setelah melahirkan.

Jangan lupa pemanasan dan pendinginan

Pemanasan singkat sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya cedera atau kram otot saat melakukan Zumba, karena banyak gerakan lompat dalam latihan Zumba.

Pendinginan setelah zumba juga wajib dilakukan, agar mengurangi nyeri otot yang tak nyaman saat beraktifitas sebelum olahraga.Intesitas bertahap

"Buat yang udah lama nggak berolahraga lalu mau coba zumba. Coba lakukan zumba dengan intensitasnya waktu 30 menit. Lalu, perlahan ditambah waktunya jadi 35 menit 45 menit, paling lama yakni satu jam," katanya.

Baca Juga: Menjadi Instruktur Zumba untuk Melewati Masa Sulit, Denada: Merupakan Pilihan Tepat Bagi Saya!

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.