Menu

Say to Goodbye...4 Kebiasaan Ini Enggak Bakal Bikin Komedo Balik Lagi!

06 Mei 2020 12:45 WIB
Say to Goodbye...4 Kebiasaan Ini Enggak Bakal Bikin Komedo Balik Lagi!

Ilustrasi wanita yang sedang memakai skincare (StyleWe Blog/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pastinya kamu sering menemui bintik hitam atau putih di sekitaran hidung kan? Bintik hitam atau putih itulah yang disebut dengan komedo. Komedo yang membandal menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dikeluhkan oleh setiap wanita. Umumnya, terdapat dua jenis komedo yang sering muncul, yaitu blackheads alias komedo hitam atau tertutup dan whiteheads yang dikenal sebagai komedo putih atau terbuka. 

Kedua jenis komedo tersebut muncul dengan penyebab yang berbeda. Blackheads umunya muncul karena produksi sebum dalam kulit yang keluar dari pori-pori kemudian teroksidasi dan menghitam. Nah, kalau whiteheads itu muncul ketika produksi sebum yang berlebih dan bakteri yang terperangkap di bawah permukaan kulit, kemudian mengeras.

Baca Juga: Menghilangkan Komedo Ternyata Gampang, Ikuti Cara Ini!!

Dewasa ini, banyak banget cara yang dilakukan oleh para wanita dalam menghilangkan komedo yang mengganggu. Mulai dari memencetnya menggunakan bantuan alat hingga menggunakan sejumlah masker yang bisa mengangkat komedo. Tapi masalahnya, kadang komedo akan muncul lagi kalau lengah dalam merawat kulit.

Beauty, ternyata ada lho kebiasaan-kebiasaan yang membuat komedo enggak gampang balik lagi! Penasaran? Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020), yuk simak ulasan berikut!

Rajin melakukan eksfoliasi

Salah satu cara menghilangkan komedo ialah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Karena pada dasarnya, mencuci muka dan melakukan double cleansing aja itu enggak cukup lho, Beauty. Lewat eksfoliasi, kamu bisa membersihkan wajah hingga ke pori-pori terdalam dan menghilangkan sel kulit mati. 

Biar komedo makin enyah dan enggak akan balik lagi, lakukan eksfoliasi seenggaknya 1-2 kali dalam seminggu ya, Beauty.

Pakai clay mask

Beragam masker yang dapat membantu mengangkat komedo banyak ditemui di pasaran, salah satunya ialah clay mask. Masker berbahan dasar clay ini dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan enggak akan membuat kulit menjadi kering. 

Baca Juga: Ingin Hilangkan Komedo? Yuk Coba Pakai Scrub Kopi, Dijamin Cepat Hilang!

Clay mask mampu membersihkann pori-pori dari kotoran, debu, makeup, dan minyak yang masih tertinggal meski sudah dibersihkan dan menggunakan eksfoliasi kuit sekali pun. 

Gunakan skincare berbahan salicylic acid atau glycolic acid

Nah, cara terbaik selanjutnya ialah menggunakan BHA (beta-hydroxy acid), seperti salicylic acid. Kandungan ini mampu mengikat minyak berlebih, sehingga enggak akan membuat pori-pori tersumbat.

Beauty, kamu juga bisa menggunakan skincare AHA (alpha-hydroxy acid) seperti gylocolic acid yang mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran dengan mudah.

Lembapkan kulit

Kulit yang terjaga kelembapannya mampu mencegah masalah kulit yang bisa saja terjadi lho, termasuk munculnya komedo. Pilih pelembap yang sesuai dengan kulitmu ya, Beauty. Kalau kulitmu berminyak, cari pelembab yang ringan dan berbahan gel. Kalau kulitmu kering cari pelembab yang memiliki kandungan emollient di dalamnya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gak Bikin Kantong Tipis, Ini Rekomendasi Bedak Padat yang Cocok untuk Kulit Berminyak! Wow, Ada yang Rp40 Ribuan!

Baca Juga: Mudahkan Wanita Pilih Produk Kecantikan dari Berbagai Negara, Guardian Hadirkan 'Happiness in Package'! Cocok Banget Jadi Kado Akhir Tahun!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha