Beauty, pasti kamu enggak pede kan kalau komedoan? Komedo merupakan penumpukkan kotoran pada pori-pori kulit. Umumnya, komedo hadir di bagian hidung dan sekitar mata. Pasti kamu semua mencari cara untuk menghilangkannya. Namun, kamu bisa coba menghilangkan komedo menggunakan scrub kopi, lho

Sebelum HerStory bahas cara menghilangkan komedo dengan scrub kopi, kita bahas dulu yuk jenis-jenis komedo dan apa sih penyebab komedo yang muncul di wajah? Simak baik-baik, ya, Beauty!

Baca Juga: Cuma Butuh Waktu Satu Jam, Ini Cara cepat Menghilangkan Jerawat!

Jenis-jenis komedo

Nah, komedo terbagi menjadi dua jenis nih, Beauty. Pertama ada komedo hitam, komedo ini paling banyak dialami sebagian orang. Komedo hitam disebabkan oleh pori-pori yang penuh dengan bakteri dan minyak ketika terkena udara berubah warna menjadi gelap. 

Kedua, ada komedo putih. Komedo ini biasanya berupa tonjolan kecil yang berada di bagian bawah epitel kulit. Jenis komedo ini memang susah dihilangkan. Biasanya, kamu perlu bantuan ahli kecantikan untuk menghilangkan komedo putih.

Baca Juga: Ampuh Usir Jerawat, Ini 7 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit Wajah

Penyebab muncul komedo

Beauty, penyebab munculnya komedo bermacam-macam berbeda dari apa jenis komedonya. Komedo hitam muncul akibat debu dan kotoran yang menempel pada wajah yang berpori-pori besar. Untuk komedo putih, muncul disebabkan oleh kotoran keringat yang bercampur. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis dan penyebab munculnya komedo di wajah. Sekarang kita bahas cara menghilangkan komedo dengan menggunakan scrub kopi.

Baca Juga: Jatuh Cinta Bikin Jerawat Meradang, Benar Enggak Sih?

Cara menghilangkan komedo dengan scrub kopi

Kopi enggak hanya nikmat untuk diminum. Campuran kopi dan gula juga mampu mengangkat komedo membandel yang ada di wajah. Scrub kopi tersebut dapat mengangkat sel kuli mati, lho.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu siapkan dua sendok bubuk kopi yang dicampurkan dengan sedikit air. Kemudian, tambahkan satu sendok gula pasir ke dalam kopi tadi. Setelah itu, gosok scrub kopi tersebut pada permukaan wajah yang sudah dibersihakan. Nah, lakukan gerakan menggosok tersebut minimal satu menit.

Cukup mudah kan, Beauty? Selamat mencoba!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.