Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk umum yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Sementara ampas dan jus lemon dinikmati, umumnya kulit lemon langsung dibuang dengan keyakinan bahwa itu tak ada gunanya.

Namun, penelitian telah menemukan bahwa kulit jeruk memiliki jumlah senyawa flavonoid tertinggi yang disebut polymethoxylated flavones (PMFs) dibandingkan dengan bagian buah lainnya yang dapat dimakan. Studi lain menunjukkan kulit lemon memiliki sifat antioksidan yang luar biasa.

Bukan hanya dagingnya, ternyata kulit lemon memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan, seperti kalsium, protein, vitamin C dan folat. Dilansir dari laman Boldsky (13/9/2021) berikut ini beberapa manfaat kulit lemon untuk kesehatan:

1. Mengatasi Kolesterol dan Sehat untuk Jantung

Kulit lemon mengandung flavonoid, vitamin C dan pektin, sejenis serat larut yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pektin membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) dengan meningkatkan ekskresi asam empedu, yang diproduksi oleh hati dan menghambat penyerapan kolesterol.

2. Bisa Menurunkan Berat Badan

Kulit lemon mengandung pektin yang dikenal dapat menurunkan berat badan dan dapat memperlambat akumulasi lemak dalam tubuh. Pektin menyerap air dan membentuk massa kental, yang berjalan melalui lambung dan usus kecil yang tidak tercerna. Ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kulit lemon mengandung sejumlah besar kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin C-semua nutrisi ini membantu mencegah osteoporosis, rheumatoid arthritis dan kondisi tulang terkait lainnya.

Baca Juga: Sering Alami Migrain? Waspada, Bisa Jadi Tanda Hipertensi Lho!