Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan karena gaya hidup, lingkungan, dan faktor genetik. Diabetes jadi salah satu penyakit yang tak bisa disembuhkan alias akan diderita seumur hidup.

Meski begitu, diabetes bisa dikelola, dengan cara perubahan gaya hidup, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Ramuan tradisional telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati atau mencegah banyak penyakit, termasuk diabetes.

Jahe, secara ilmiah dikenal sebagai Zingiber officinale Roscoe, adalah salah satu ramuan obat terbaik dan efektif yang digunakan dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes. Efeknya yang menjanjikan juga disebutkan dalam Ayurveda dan Pengobatan Cina.

Senyawa Aktif Dalam Jahe

Dilansir dari laman Boldsky (13/9/2021) sebuah penelitian terkait senyawa aktif dalam jahe segar dan organik menunjukkan bahwa ramuan atau rempah-rempah penting ini mengandung banyak senyawa alami, seperti paradol, gingerol, turunan asetil gingerol, gingerdiol, shogaol, 3-dihydroshogaols, diarylheptanoids, dan turunan metil eter dari beberapa senyawa ini.

Diantaranya kandungan tersebut, di dalam jahe terdapat gingerol adalah senyawa dominan yang menghambat sebagian besar efek antidiabetes.

Baca Juga: Penderita Diabetes Dilarang Keras Nyemil Sembarangan! Konsumsi 4 Buah Ini untuk Jaga Gula Darah Stabil