Simvastatin adalah obat untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat (seperti LDL, trigliserida) dalam darah. Obat ini juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke.

Simvastatin termasuk dalam golongan obat statin. Golongan obat yang berfungsi menurunkan kolesterol serta menjaga kestabilan sumbatan pada pembuluh darah. Supaya lebih jelas, berikut fakta tentang obat simvastatin.

Simvastatin adalah obat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat dalam darah. Obat yang termasuk golongan statin ini juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu HDL (lemak baik) dan LDL (lemak jahat). LDL sering dianggap sebagai lemak jahat karena mudah menempel di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis).

Akibatnya, berisiko menimbulkan stroke dan serangan jantung. Cara kerja simvastatin adalah menghambat enzim pembentuk kolesterol jahat sehingga kadar kolesterol dalam darah berkurang.

Dosis dan Aturan Mengonsumsi Simvastatin

Baca Juga: Tanpa Obat-obatan, 7 Cara Ini Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Simvastatin tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan 5 mg, 10 mg, 20 mg, 40 mg, dan 80 mg. Simvastatin juga tersedia dalam bentuk sirup bagi pasien yang mengalami kesulitan menelan.