Salah satu penyakit yang identik dengan orang tua adalah osteoporosis. Padahal, pemicunya bisa saja sudah dimulai saat masih muda.

Osteoporosis atau pengeroposan tulang masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia terutama di negara berkembang. Berdasarkan data pusdatin.kemkes.go.id, dari sampel yang dilakukan pada 65.727 orang, sekitar 41,7% mengalami osteopenia atau osteoporosis dini dan sekitar 10,3% yang sudah mengalami osteoporosis. 

Apa saja sih pemicu osteoporosis ini? Berikut rangkumannya.

Sering mengonsumsi makanan asin

Menurut penjelasan dari dr Frederick Singer dari Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California. Menurutnya, ada hubungan antara konsumsi garam yang tinggi dengan menurunnya kepadatan tulang. 

Menurutnya, saat kadar natrium dalam tubuh meningkat, maka tubuh akan otomatis melepas lebih banyak kalsium melalui urin. Inilah yang jadi penyebab kenapa orang yang senang makanan asin cenderung lebih mudah osteoporosis. 

Sedangkan jika dilansir dari kemkes.go.id, kamu disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan seperti ikan teri, brokoli, tempe, dan tahu. Makanan tersebut kaya akan kalsium yang merupakan zat pembentuk tulang.

Malas berolahraga

Menurut Kementrian Kesehatan RI, jarang bergerak bisa menurunkan integritas tulang. Mengurangi risiko jatuh karena masalah keseimbangan, dan mengurangi risiko patah tulang hingga 40%.

Baca Juga: Wah, Osteoporosis Ternyata Lebih Berisiko Dialami oleh Wanita Lho! Ini Penyebabnya...

Kamu disarankan melakukan olahraga ringan selama 150 menit selama seminggu, atau 75 menit untuk olahraga intensitas tinggi. Kamu bisa membagi waktu tersebut dalam 7 hari.