Pandemi virus corona Covid-19 belum juga berakhir. Sudah banyak upaya yang dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melakukan vaksinasi.

Studi terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sejumlah lembaga dipublikasikan di The Lancet menunjukkan bahwa dua dosis vaksin Covid-19 cukup efektif untuk mencegah penyakit yang parah.

Dalam studi tersebut juga menyebutkan bahwa dosis ketiga atau booster sudah enggak lagi diperlukan. Peneliti menemukan kalau vaksin tetap efektif melawan Covid-19 yang pada pada semua varian, termasuk varian Delta.

"Secara keseluruhan, penelitian yang tersedia saat ini tak memberikan bukti yang kredibel tentang penurunan perlindungan secara substansial terhadap penyakit parah," kata penulis utama WHO Ana-Maria Henao-Restrepo, dikutip dari AFP.

Menurut Henao-Restrepo, daripada memberikan booster, sebaiknya dosis vaksin diberikan kepada orang yang belum mendapatkan vaksin agar dapat mempercepat penyelesaian pandemi.

WHO mendesak setiap negara harus memvaksin minimal 10 persen dari populasi pada akhir bulan ini dan 40 persen populasi pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Hore! Pfizer Klaim Vaksin Covid-19 Aman untuk Anak 5-11 Tahun