Kabar mengejutkan datang dari keluarga Taqy Malik, seorang penghafal Al Quran yang terkenal memalui media sosial Instagram. Ayah dari Taqy Malik, Mansyardin Malik, dituding telah melakukan kekerasan seksual dengan memaksa seks anal terhadap istri sirinya, Marlina Octoria Kawuwung.

Seks anal adalah praktik memasukkan penis, jari, atau benda asing, seperti vibrator ke dalam anus untuk kenikmatan seksual. Seperti kebanyakan aktivitas seksual, seks anal membawa risiko menularkan infeksi menular seksual (IMS).

Namun, ada potensi risiko berbeda yang mungkin bisa dialami jika melakukan seks anal. Seks anal memiliki risiko penyebaran IMS yang lebih tinggi daripada banyak jenis aktivitas seksual lainnya. Ini karena lapisan anus tipis dan mudah rusak, sehingga lebih rentan terhadap infeksi.

Dilansir dari laman Medical News Today (14/9/2021) berikut ini beberapa risiko yang bisa mengintai kesehatan:

Peningkatan risiko infeksi bakteri

Anus tak memiliki sel-sel yang menciptakan pelumas alami, seperti yang dimiliki vagina. Selain itu, anus juga memiliki lapisan rektum yang lebih tipis dari pada vagina.

Dengan kurangnya pelumasan dan jaringan yang lebih tipis, ini bisa meningkatkan risiko robekan akibat gesekan di anus dan rektum. Selain itu, anus merupakan tempat keluarnya tinja. Karena tinja yang secara alami mengandung bakteri melewati rektum dan anus saat meninggalkan tubuh, bakteri tersebut berpotensi menyerang kulit melalui seks anal.

Seks anal bisa meningkatkan risiko abses dubur, infeksi kulit dalam yang biasanya memerlukan pengobatan dengan antibiotik.

Baca Juga: Bela Marlina Habis-habisan, Sunan Kalijaga Kantongi Bukti Kuat untuk Lawan Ayah Taqy Malik