Memanaskan makanan memang praktis dan cepat. Tak hanya itu, selain lebih hemat, memanaskan ulang makanan memang sudah 'dianggap' lumrah. Namun tahu gak, Mom, ternyata ada hal yang mengancam dari kebiasaan memanaskan makanan.

Sebabnya, gak semua makanan bisa dipanaskan karena memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Tak hanya mengurangi tekstur, rasa, dan kandungan gizi, beberapa jenis makanan yang tak boleh dipanaskan dapat menyebabkan risiko keracunan! Duh!

Adapun jenis makanan yang ‘haram’ untuk dipanaskan ulang salah satunya adalah sayuran tinggi nitrat.

Meski terlihat normal dari luar, asam nitrat dalam sayuran itu dapat berubah jadi senyawa racun, bahkan bisa memicu kanker, lho Moms.

Lantas, apa saja jenis sayuran yang tak baik dipanaskan ulang. Berikut rinciannya sebagaimana dilansir berbagai sumber, Selasa (14/9/2021).

1. Bayam

Dilansir dari timesofindia, bayam adalah sayur yang mengandung nitrat tinggi. Namun perlu diingat ya, Moms, kandungan nitrat itu bisa berubah jadi masalah jika dipanaskan. Nitrat akan melepaskan efek karsinogenik beracun. Setiap kali kamu memanaskan kembali bayam, sayur ini menjadi semakin beracun.

2. Jamur

Jenis sayuran yang ‘haram’ dipanaskan ulang adalah jamur. Sayuran ini kaya akan protein, karenanya strukturnya akan berubah saat dipanaskan kembali.

Kamu bisa berisiko mengalami masalah pencernaan dan bahkan masalah jantung yang serius lho Moms, jika mengonsumsi jamur yang dipanaskan kembali

3. Seledri

Seledri juga memiliki kandungan nitrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi racun jika dipanaskan kembali. Nitrat berubah menjadi nitrit setelah dipanaskan. Ketika terlalu banyak nitrit masuk ke dalam tubuh, itu meningkatkan risiko methemoglobinemia. Parahnya bisa menyebabkan komplikasi kejang atau bahkan kematian.

Baca Juga: 12 Kesalahan Memasak Sayuran Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Sehat, Jangan Diulangi Ya!