Kualitas tidur yang baik penting dalam menyokong kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain dipengaruhi aktivitas, ada pula faktor makanan yang menentukan kualitas tidur.

Tidur berkualitas dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat dan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, memilih makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur juga perlu diperhatikan.

Apa saja makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur? Berikut rangkumannya.

Teh Chamomile

Jenis teh chamomile merupakan teh herbal populer yang terkenal dengan flavon. Minum teh chamomile dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, teh chamomile juga disebut memiliki beberapa khasiat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Studi menyebut teh ini mengandung apigenin. Antioksidan tersebut mengikat reseptor tertentu di otak dan dapat meningkatkan rasa kantuk serta mengurangi insomnia.

Kiwi

Kiwi adalah buah yang rendah kalori. Satu kiwi mengandung 42 kalori. Kiwi juga mengandung jumlah folat dan potasium serta mineral. Menurut penelitian tentang potensi meningkatkan kualitas tidur, kiwi menjadi salah satu makanan terbaik yang layak dikonsumsi sebelum tidur.

Menurut studi, 24 orang dewasa makan kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam. Hasilnya, partisipan tertidur 42 persen lebih cepat dibandingkan saat mereka tidak makan apapun sebelum tidur.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini di Kasur agar Tidurmu Berkualitas, Catat Ya Beauty!

Mengonsumsi kiwi juga dapat meningkatkan 5 persen kemampuan tidur sepanjang malam tanpa terbangun. Efek ini dikaitkan dengan serotonin, zat kimia pada otak yang membantu mengatur sikluls tidur.