Apa Moms pernah mendengar nama buah elderberry? Jenis buah beri ini diketahui memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Elderberry juga dapat membantu menjinakkan peradangan dan melindungi jantung. Nah apa saja sih manfaat buah Elderberry? Simak penjelasannya.

Menjaga daya tahan tubuh dari virus

Elderberry memang sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional. Buah berwarna biru kehitaman ini mengandung banyak nutrisi, sehingga memiliki beragam manfaat. Termasuk menjaga daya tahan tubuh.

Dilansir dari Medicalnewstoday, elderberry mengandung antioksidan dan banyak yang percaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C merupakan komponen penting bagi sistem imun tubuh. Vitamin C sendiri diketahui dapat menunjang kerja sistem imun dalam melawan virus serta bakteri penyebab penyakit.

Menjaga kadar gula darah

Buah elderberry diketahui memiliki kandungan antosianin yang dapat mengurangi peradangan. Elderberry juga bisa menghambat produksi oksida nitrat oleh sel-sel kekebalan tubuh.

Di mana oksida nitrat berfungsi sebagai molekul sinyal yang memicu peradangan sebagai respons terhadap cedera atau penyakit. Dengan meredam respons ini, rasa sakit dan pembengkakan dapat dikurangi.

Baca Juga: Bukan Penderita Diabetes? Mungkin Ini Penyebab Gula Darah Tinggi

Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi flavonoid seperti elderberry, maka berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kadar gula darah tetap normal.