Salah satu masalah utama yang dihadapi selama kehamilan adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagaimanapun kondisi tersebut memerlukan perawatan khusus yang harus diberikan untuk memiliki kehamilan yang aman dan bisa melahirkan anak yang sehat.

Ada tiga jenis hipertensi dalam kehamilan; hipertensi kronis, hipertensi gestasional, dan preeklamsia. Sementara hipertensi kronis dan gestasional hilang setelah beberapa minggu, preeklamsia adalah kondisi yang sangat serius, yang terkadang dapat menyebabkan konsekuensi fatal bagi ibu dan bayi yang belum lahir.

Mengatasi hipertensi saat hamil bukanlah hal yang mudah, tetapi harus dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan bagi sang ibu dan juga buah hati yang ada di dalam kandungannya. Dilansir dari laman Boldsky (14/9/2021) berikut adalah beberapa tips tentang cara mengatasi hipertensi pada kehamilan:

Batasi aktivitas

Wanita yang rentan terhadap hipertensi dalam kehamilan perlu membatasi aktivitas mereka. Jika ingin beraktivita, lakukan secara perlahan untuk memastikan tekanan darah Anda tak sering berfluktuasi. Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya hindari olahraga yang melelahkan.

Istirahat

Cara terbaik untuk mengatasi hipertensi pada kehamilan, jika bukan preeklamsia, adalah dengan istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri. Rilekskan tubuh Anda, yang akan membantu mengembalikan tekanan darah ke normal.

Baca Juga: Tanpa Obat, Ini 5 Bahan yang Bantu Atasi Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Perhatikan Ya!