Mahkota dewa biasa digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Tanaman yang masuk kategori buah ini memiliki nama latin phaleria macrocarpa atau God’s Crown. 

Mahkota dewa atau disebut sebagai buah simalakama karena memiliki beberapa senyawa seperti alkaloid, fenol, lignan, tannin, saponin, sterol, dan juga minyak atsiri. Dengan banyaknya senyawa aktif itu, tak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat mahkota dewa sebagai obat herbal disebut berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Kelvin Halim, S. Gz., konsultan dari Jovee memberikan penjelasan lengkap apa saja manfaat dari mahkota dewa sebagai obat tradisional beserta cara mengolahnya agar bisa dikonsumsi.

Seperti apa? Berikut rangkuman informasinya.

Punya kandungan yang bisa turunkan Kolesterol jahat

Buah mahkota dewa diketahui mengandung flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan  kolesterol jahat serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Artinya, selain mampu menurunkan kadar kolesterol, mahkota dewa juga bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Obat alami untuk Diabetes

Obat tradisional dari tanaman mahkota dewa banyak manfaatnya. Salah satu yang sering didengar adalah sebagai obat diabetes.

Mahkota dewa memiliki kandungan saponin yang dapat berfungsi seperti halnya insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Saponin dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang berguna dalam pengobatan pasien diabetes.

Selain itu, zat aktif tersebut juga berperan untuk meningkatkan vitalitas dan mengurangi penggumpalan darah.

Membantu mengobati Asam Urat

Asam urat jadi salah satu penyakit yang umum diderita di Indonesia. Rupanya, khasiat mahkota dewa juga bisa mengobati penyakit ini.

Baca Juga: Merasa Lelah Sepanjang Hari? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Penyakit Diabetes Lho! Yuk, Kenali Cirinya...

Kandungan polifenol dalam tanaman mahkota dewa dapat membantu secara efektif menghambat produksi asam yang berujung pada penyakit asam urat dalam tubuh.