Kehamilan tentu mengubah banyak hal dalam diri, tak terkecuali fungsi kerja tubuh. Ketika hamil, mungkin Moms rentan menderita kurang darah atau anemia.

Kondisi tersebut bisa disebabkan karena kekurangan asam folat sehingga kekurangan sel darah merah. Jika hal ini terjadi, biasanya kamu akan merasa lemah, lesu, dan pusing di masa kehamilan. Selain itu, bayi yang dilahirkan juga berisiko memiliki berat badan rendah, Moms.

Untuk mencegah dan mengatasi kurang darah, Moms bisa mengonsumsi aneka buah penambah darah untuk ibu hamil. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Buah Bit

Sudah bukan rahasia lagi jika buah bit yang berwarna ungu kemerahan ini ternyata mengandung vitamin C dan juga asam folat yang tinggi. Kedua nutrisi dan vitamin ini terbukti mampu mengatasi anemia dan juga berkontribusi terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Moms bisa mengonsumsi buah bit dengan cara di jus agar lebih nikmat.

Buah Aprikot

Buah aprikot yang berwarna oranye kekuningan ini punya rasa manis yang menyegarkan. Dalam 100 gram aprikot mengandung sekitar 2,7 mg zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian demi mencegah anemia.

Selain itu, buah aprikot juga berperan untuk menekan kadar kolesterol dalam darah karena sifatnya mudah larut dalam air dan mampu mengikat asam lemak, kemudian membuangnya lewat ekskresi.