Secara medis, konsumsi makanan manis di awal kehamilan dapat membuat berat badan meningkat. Bahkan meningkatkan perkembangan komplikasi kehamilan seperti diabetes dan preeklampsia.

Sejak memulai program hamil, Moms mungkin sebaiknya tidak berurusan lagi dengan beberapa makanan yang terlalu manis. Nah, berikut ini adalah daftar 5 jenis buah kaya gula yang perlu dihindari:

Anggur dapat mengganggu fungsi pencernaan

Makan terlalu banyak buah anggur dapat mengganggu program hamil loh, Moms. Memang benar buah anggur mengandung gula alami. Tetapi memakannya secara berlebihan, justru dianggap bisa meningkatkan gula darah.

Dilansir dari Timesofindia, anggur mengandung gula alami yang tinggi. Konsumsi berlebihan dengan kandungan gula tinggi, maka dapat menyebabkan tinja yang encer. Bahkan mengonsumsi anggur yang kaya akan serat ini berpotensi mengganggu fungsi pencernaan yang menyebabkan diare atau sembelit.

Apel dapat mempengaruhi kadar gula darah

Serat pada buah apel memang bermanfaat untuk memperlambat pencernaan. Namun apel yang dimakan secara berlebihan saat program hamil, bisa memengaruhi kadar gula darah.

Sebagian besar gula yang ada pada apel adalah fruktosa. Ketika fruktosa dikonsumsi dengan jumlah banyak, efeknya sangat besar pada kadar gula darah. Umumnya, setiap satu porsi buah apel segar mengandung 16 gram gula.