Menu

Dianjurkan Dokter, Ini Daftar Makanan yang Baik dan ‘Haram’ Dikonsumsi setelah Vaksinasi Covid-19

Riana Agustian
16 September 2021 11:05 WIB
Dianjurkan Dokter, Ini Daftar Makanan yang Baik dan ‘Haram’ Dikonsumsi setelah Vaksinasi Covid-19

Anak yang sedang divaksin. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Bagi sebagian orang, vaksinasi Covid-19 sering kali menimbulkan efek samping ringan seperti, sakit di area suntikan, lengan yang pegal hingga demam. Dan ternyata, ada beberapa makanan yang dapat mengurangi efek samping tersebut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho Beauty!

Lantas, ada nggak sih makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksin?

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes., ada sejumlah makanan yang memang terbukti membantu membangun antibodi dan imunitas tubuh setelah divaksin.

“Meski efeknya tak langsung mengarah ke vaksin (membantu meningkatkan ataupun mengurangi efektivitas), kita memang mengusahakan agar tubuh tetap sehat. Ketika tubuh sehat dan imunitas baik karena asupan nutrisi, kinerja vaksin pun semakin efektif,” jelas dr. Sara, sebagaimana dikutip dari laman KlikDokter, Kamis (16/9/2021).

Nah, untuk menjaga tubuh sehat, kata dr. Sara, dapat dilakukan dengan mengonsumsi asupan bergizi seimbang.

“Gizi seimbang itu bisa dari pola makan sehari-hari, misalnya karbohidrat, protein, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Kebutuhan cairan atau hidrasi juga perlu dipenuhi,” sarannya.

Adapun, jenis makanan setelah vaksinasi Covid-19 yang bisa dikonsumsi dan dapat mendukung gizi seimbang antara lain:

1. Aneka Buah dan Sayur

Buah dan sayuran kaya nutrisi dapat memperkuat sistem imunitas dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik. Asupan yang satu ini kaya vitamin C dan mampu membantu produktivitas sel darah putih.

Aneka sitrus bahkan paprika bisa kamu makan setelah divaksinasi. Lalu, sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Kandungan ini akan melindungi diri dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

2. Kacang-Kacangan

Kacang juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Bonusnya lagi, makanan ini akan memelihara kesehatan jantung dengan lebih baik.

Adapun, kacang yang direkomendasikan yaitu almond, kenari, pecan, mete, dan pistachio.

Halaman: