Menu

Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol? Ketahui Ini Fakta Sebenarnya

Nada Saffana
16 September 2021 13:55 WIB
Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol? Ketahui Ini Fakta Sebenarnya

Bawang putih. (Unsplash/Tijana Drndarski)

HerStory, Jakarta —

Bawang putih telah digunakan sebagai obat herbal yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Hal itu disebabkan karena bawang putih mengandung senyawa yang mengandung belerang disebut Allicin. Senyawa ini dikenal karena sifatnya yang bisa membunuh bakteri dan jamur.

Namun, melalui artikel ini hanya akan fokus pada peran bawang putih dalam mengobati masalah kolesterol. Dilansir dari Boldsky (16/9/2021) studi telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan bawang putih untuk pengurangan kolesterol bisa efektid tergantung pada dosis, semakin banyak bawang putih yang diberikan, semakin banyak kolesterol yang akan dikurangi.

Bahkan beberapa peneliti juga menyatakan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol, namun hanya bersifat sementara. Jadi, penting untuk diketahui bahwa penggunaan bawang putih untuk pengurangan kolesterol telah menghasilkan teori yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cara paling terbaik adalah jangan hanya mengandalkan penggunaan bawang putih untuk menurunkan kolesterol.

Untuk menurunkan kolesterol lebih lanjut kamu perlu berdiskusi dengan dokter. Hal ini berguna untuk mengetahui berapa banyak bawang putih yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Namun, penting untuk dipahami bahwa bawang putih yang diberikan dalam bentuk apa pun hanyalah salah satu cara untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah. Jadi, daripada hanya mengandalkan bawang putih, Anda harus menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta melakukan olahraga yang tepat setiap hari.

Share Artikel: