Dalam menjalankan bisnis, usaha untuk mencapai kesuksesan memang bukanlah hal yang mudah. Jam terbang dalam menjalani bisnis terkadang juga tak dapat menjadi sebuah jaminan kesuksesan.

Karenanya, belajar dari kesalahan para pebisnis lainnya adalah salah satu upaya efektif yang dapat dilakukan para pebisnis pemula agar mereka tak mengulangi kesalahan yang sama dalam bisnis mereka.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam berbisnis yang dapat dihindari oleh para pebisnis pemula:

1. Ingin meraih kesuksesan secara instan

Tak ada kesuksesan yang dapat terjadi dalam waktu satu malam. Membangun kesuksesan bisnis membutuhkan waktu yang panjang dan juga proses yang berliku.

Banyak pebisnis yang ingin meraih kesuksesan secara instan dengan mencoba menempuh berbagai jalan pintas, sehingga tak jarang jika mereka akhirnya menjadi tak fokus lagi pada tujuan awal mereka membangun bisnis.

Hal inipun dialami oleh Ansari Kadir, CMO PT Harapan Bangsa Kita dan Co-Founder Sang Pisang & Ternakopi. Pria yang karib disapa Ari itu bilang, di masa-masa awal berbisnis, dirinya ingin cepat meraih keuntungan dengan mendirikan beberapa bisnis sekaligus yang mengakibatkan saya tidak berfokus pada satu bisnis sehingga tak ada yang berhasil.

Pengalaman tersebut akhirnya mengajarkannya mengenai pentingnya fokus untuk mengembangkan sebuah bisnis terlebih dahulu dan tidak terburu-buru melakukan ekspansi atau membuat bisnis baru.

“Fokus dan menjadi hebat itu bukan datang dari orang lain, tapi dari diri sendiri. Jadi selalu hargai setiap proses, tetap fokus dan konsisten dalam menjalankan komitmen serta melakukan eksekusi dengan baik. Niscaya, kita dapat membangun pondasi bisnis yang lebih kuat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Prinsip inilah yang selalu saya pegang teguh mulai dari saya mulai mendirikan Sang Pisang hingga melebarkan berbagai bisnis lainnya yang ada di bawah naungan PT Harapan Bangsa Kita,” kata Ansari Kadir, CMO PT Harapan Bangsa Kita dan Co-Founder Sang Pisang & Ternakopi, saat sesi ShopeePay Talk, sebagimana dipantau HerStory, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: ShopeePay Gelar Promo Gila-gilaan Pekan Ini, Jangan Ketinggalan Ya Beauty!