Sebelum memasak, setiap orang pasti mencuci bahan makanannya terlebih dahulu. Hal tersebut penting dilakukan untuk membersihkan bahan makanan dari bahaya kuman dan juga bakteri.

Namun, ternyata enggak semua bahan makanan itu boleh dicuci, lho. Ada beberapa bahan makanan yang enggak boleh dicuci sebelum dimasak karena dapat berbahaya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa mencuci beberapa bahan makanan sebelum dimasak justru bisa menyebabkan kuman yang berada di dalam makanan tersebut menyebar ke wastafel atau tempat cuci piring dan beberapa area dapur rumahmu.

Melansir dari laman Best Life (17/8/2021), berikut ini beberapa bahan makanan yang enggak boleh dicuci sebelum dimasak. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Daging ayam atau kalkun

Umumnya, kamu tentu akan mencuci daging ayam sebelum dimasak agar lebih bersih dan enggak ada kotoran yang tertinggal. Namun, kamu enggak perlu melakukannya.

Sebuah penelitian dari US Department of Agriculture (USDA) mengungkapkan bahwa mencuci daging dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang di mana bakteri yang berasal dari makanan menempel di makanan lain. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan keracunan.

Baca Juga: Bahaya Terpapar Virus, Segera Cuci Tangan Setelah Menyentuh Benda Ini!