Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana adanya gangguan terhadap insulin yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Ketika insulin mengalami gangguan, itu akan mengganggu kinerja sel-sel tubuh dalam menyerap gula darah atau glukosa menjadi energi.

Diabetes jadi salah satu penyakit kronis yang bisa mengancam nyawa. Jika tak ditangani dengan serius, penyakit diabetes ini bisa menilbulkan komplikasi kesehatan lain.

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang berlangsung dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, sangat penting untuk dikelola agar tak menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh.

Salah satu hal yang penting dilakukan untuk mengelola kadar gula darah adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah yang bergizi. Namun, para penderita diabetes tetap harus memperhatikan asupan sayur dan buah yang rendah gula.

American Diabetes Association (ADA) mengatakan bahwa diabetesi (sebutan untuk orang dengan penyakit diabetes) boleh makan buah apa pun asalkan cermat menakar porsinya dan memastikan tak punya alergi buah.

Dari begitu banyak pilihan buah di luar sana, ada beberapa buah yang aman untuk diabetes, di antaranya:

1. Belimbing

Belimbing atau Averrhoa carambola adalah buah yang populer di iklim tropis. Buah ini dikenal dengan rasa asam-manisnya yang khas dan menyegarkan.

Tak hanya itu, belimbing bahkan merupakan salah satu buah yang sering digunakan sebagai pengobatan ayurveda di India, Cina, dan Brazil.

Baca Juga: Bukan Sulap Bukan Sihir! 5 Buah Ini Ampuh Sembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.