Pengidap diabetes perlu menjaga kadar gula tetap stabil, dengan gaya hidup sehat, seperti pola makan maupun olahraga.

Namun, untuk memulai olahraga sebaiknya para pengidap diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat disesuaikan dengan kondisi dan terapi pengobatan yang sedang dijalani.

Nah, biar gak asal olahraga, berikut ini beberapa tips untuk memulai olahraga bagi pengidap diabetes sebagaimana dipaparkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, & Diabetes RS Pondok Indah, dr. Rochsismandoko, Sp.PD-KEMD, dikutip dari laman rspondokindah, Jumat (17/9/2021). Yuk simak!

1. Buat daftar olahraga yang menyenangkan

Banyak pilihan olahraga yang murah, mudah, dan menyenangkan, tak perlu harus ke gym. Berdansa dan yoga juga merupakan pilihan yang bisa membuat tenang dan bahagia.

2. Izin ke dokter

Sebelum berolahraga, sebaiknya ceritakan ke dokter mengenai rencana olahraga Anda. Dokter akan membantu memilih jenis olahraga yang sesuai dan mempersiapkan Anda untuk itu, misalnya dengan mengubah pola makan atau obat-obatan.

3. Tentukan target

Tentukan target apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu, bisa minta bantuan dokter atau tentukan sendiri berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dan kemampuan fisik atau penunjang lain. Misalkan dengan menetapkan target kadar gula darah dalam waktu sebulan, atau kadar HbA1c yang ingin dicapai dalam tiga bulan.

4. Cek kadar gula darah

Biasanya dokter akan meminta diabetisi untuk memeriksa gula darah sebelum melakukan olahraga. Hal ini untuk mengetahui apakah dibutuhkan kudapan/makanan ringan tambahan untuk mencegah terjadinya hipoglikemia (turunnya kadar gula darah secara drastis dan mendadak). Selain itu, dianjurkan pula untuk memeriksa gula darah setelah olahraga untuk merencanakan olahraga berikutnya.

5. Siapkan karbohidrat

Selalu siapkan kudapan karbohidrat, seperti buah-buahan atau jus buah, untuk mengantisipasi jika terjadi hipoglikemia.

Baca Juga: Diabetes Bisa Bikin Pikun? Benar Enggak Ya?