Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memicu kontraksi secara alami saat melahirkan. Sebut saja seperti melakukan akupuntur, hubungan seksual, atau aktif bergerak dengan berjalan kaki. Namun, tak sedikit para ibu hamil mengonsumsi jenis makanan tertentu yang dianggap sebagai induksi alami.

Dewasa ini, para ibu hamil kerap menganggap mengonsumsi jenis makanan tertentu bisa menjadi pemicu munculnya kontraksi kehamilan. Lantas benarkah demikian?

Dilansir dari Mayo Clinic, tujuan induksi persalinan yakni untuk mendorong munculnya kontraksi rahim sebelum proses melahirkan tiba. Biasanya, dokter akan memberikan obat-obatan medis tergantung kondisi ibu hamil.

Namun, tak jatrang ibu hamil yang percaya ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat mempercepat kontraksi. Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Berikut deretan makanan yang dipercaya dapat membantu mempercepat kontraksi saat melahirkan, seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

Makanan pedas

Beauty yang lagi hamil, mungkin kamu pernah mendengar makanan pedas bisa membantumu agar cepat kontraksi. Kontraksi dapat terjadi karena makana pedas membuat sakit perut dan mengejan. Saat kau mengejan setelah makan makan pedas, janin akan terdorong semakin ke jalan lahir.

Baca Juga: Ngerasa Kontraksi Padahal Ngga Ada Apa-apa? Yuk Kenali Kontraksi Palsu yang Bisa Terjadi Kapan Aja