Beauty, kamu tentunya sudah tahu dan paham betul manfaat dari melepas bra, apalagi saat hendak tidur. Pasalnya, mengenakan bra saat tidur bisa membuat dadak terasa sesak dan enggak nyaman.

Tapi, bagaimana dengan enggak memakai bra sepanjang hari? Apakah aman untuk kesehatan jika sering melepas atau enggak menggunakan bra?

Pemakaian bra bisa berpengaruh pada postur tubuh dan kesehatan dalam masa mendatang. Namun, penggunaan bra juga perlu durasi yang ideal. Jadi berapa lama intensitas ideal untuk mengenakan pakaian dalam ini?

Sebuah studi pada tahun 2013 menyebut, penelitian selama 15 tahun menyimpulkan bahwa melepaskan bra sebenarnya dapat mengurangi elastisitas bagian dada. Dukungan bra dapat melemahkan jaringan di sekitar payudara, menyebabkan ia menjadi terkulai.

“Apa yang terjadi saat kamu melepaskan bra adalah payudara kamu secara visual terlihat kendur karena tanpa penyangga yang mereka gunakan sebelumnya,” ujar Lina Velikova, MD, PhD, penasihat medis di Supplements101 dikutip Reallife. 

Namun, begitu kamu mulai menggunakan otot-otot itu, volume dada akan membaik dan mengambil alih dukungan jaringan lembut. Jika hasil maksimal, kamu dapat melakukan latihan pegencangan dada yang ditargetkan untuk mengembangkan otot dan memperkuat ligamen lebih cepat.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.